Sabtu, 11 April 2020

STRATEGI PEMBUATAN SKETSA PADA PEMODELAN 3D BERBASIS FITUR [SKETCH MAKING STRATEGY IN 3D MODELING BASED ON FEATURE]

Perangkat lunak CAD seperti Autocad, Autodesk Inventor, Catia, ProEng, Siemen NX dan lain-lainnya dikembangkan  berbasis pemodelan solid untuk menunjang penggunaan model 3D pada aplikasi hulu lainnya seperti analisis dan lain-lain. Pembuatan bentuk geometri solid (3D) diawali dengan langkah pembuatan sketsa (dalam ruang 2D ataupun 3D). Kemudian, sketsa yang dibuat akan digunakan untuk membuat bentuk solid (3D) menggunakan beberapa teknik yang umum seperti extrude, revolve, loft, sweep, ataupun beberapa teknik khusus seperti surfacing, coil dan lain-lain. Pada penggunaan tingkat lanjut seperti reverse engineering (rekayasa peniruan) ataupun reverse design untuk pengerjaan bentuk-bentuk permukaan fitur kompleks. Hasil akhir berupa model 3D ataupun 2D yang dibuat tujuannya untuk mengomunikasikan perintah yang harus diikuti pada saat simulasi hasil rancangan, persiapan material, perencanaan proses, proses manufaktur, pengendalian kualitas, perakitan, dan lain-lain. Sehingga, dalam pembuatan sketsa pun akan memerlukan strategi yang harus diperhatikan, yang dipilih dari beberapa metoda atau jenis-jenis sketsa yang ada.

 

I. DATUM REFERENCE FRAME (DRF)

Datum secara teoritis merupakan titik nyata, sumbu nyata, garis nyata, dan bidang nyata. Datum reference frame merupakan perpotongan saling tegak lurus diantara tiga buah datum permukaan yang membentuk sudut saling 900. Simbol DRF harus memuat sumbu kordinat yang diberi label pada sumbu-sumbunya ( X,Y,Z).

Datum feature yang dirancang pada suatu komponen, dipilih  terhadap posisi komponen yang berhubungan dengan DRF. DRF terjadi secara teoritis dan sebenarnya tidak ada pada komponen. Oleh karenanya, diperlukan suatu metoda untuk menghadirkan atau menyimulasikan DRF secara teoritis dalam feature aktual yang terdapat di komponen. Pada kondisi riilnya, feature dibentuk secara fisik, atau melalui perhitungan matematis untuk menyimulasikan DFS (Datum Feature Simulator) yang menyatakan kaberadaan dan kesesuaiannya dengan sifat yang tersedia pada komponen. Pembatasan (constraint) yang diinginkan akan diperoleh melaui DoF (Degree of Freedom/derajat kebebasan) diantara suatu komponen dengan DRF.

Setiap komponen yang ada memiliki 6 buat derajat kebebasan / degree of freedom (tiga buah translasi dan tiga buah rotasi) geraknya dapat dibatasi oleh DRF dalam suatu kotak pengendali fitur (feature control frame). Derajat kebebasan transalsi diberi notasi X, Y, dan Z, sedangkan derajat kebebasan rotasi diberi notasi u, v, dan w.

 Gambar-1Datum Reference Frame / DRF [ASME Y14.5 2009]

 Pemilihan datum reference frame yang terdapat pada suatu komponen akan mempertimbangkan :

 

II. DERAJAT KEBEBASAN (DEGREE OF FREEDOM / DoF)

DRF dapat dipertimbangkan sebagai sistem koordinat yang ditempatkan pada datum feature komponen. Sistem koordinat akan menjadi wakil dari perpotongan ketiga bidang yang membuat sumbu yang saling tegak lurus, kemudian DRF akan menentukan sejumlah operasi pemosisian dan operasi penyumbuan relatif terhadap datum feature komponen. Operasi posisi dan orientasi tersebut berhubungan dengan sistem koordinat dunia (world coordinate system). Suatu DRF memiliki 3 derajat kebebasan posisi dan 3 derajat kebebasan orientasi di dalam sistem koordinat dunia. Dengan kata lain, titik origin dari suatu DRF mungkin saja tidak terletak di sepanjang sumbu sistem koordinat dunia. Hal yang serupa, bahwa 3 bidang yang dibentuk oleh 3 pasangan sumbu DRF memiliki letak menyudut terhadap sistem koordinat dunia. Adanya DRF akan menyamakan pengurangan sistematik terhadap DoF di dalam sistem koordinat dunia.

 

Gambar-2 Keterkaitan Datum fitur pada komponen dengan DRF [ASME Y14.5 2009]

Derajat kebebasan dibatasi oleh datum fitur primer tanpa dibatasi kondisi material. Perhatikan gambar-2, akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. (a) Ditunjukkan pada gambar teknik bahwa komponen memiliki tiga buah datum D,E,F dengan persyaratan toleransi geometriknya masing-masing
  2. (b) Berdasarkan fungsi perakitan ditunjukkan bahwa komponen diikat menggunakan 2 buah baut pengingat
  3. (c) Perhatikan bahwa komponen diletakkan pada suatu permukaan (datum permukaan yang pertama). Pada kondisi ini ditunjukkan bahwa komponen dapat menahan 3 buah derajat kebebasan, yaitu : transalsi dalam arah Z (karena pengikatan baut), rotasi dalam arah u dan v (karena datum permukaan pertama)
  4. (d) Perhatikan bahwa komponen diletakkan tepat menempel pada permukaan datum pertama dan kedua (menambahkan datum permukaan ke-dua). Pada kondisi ini ditunjukkan bahwa komponen dapat menahan 2 derajat kebebasan, yaitu : translasi dalam arah X dan rotasi dalam arah w (karena datum permukaan ke-dua)
  5. (e) Perhatikan bahwa komponen diletakkan tepat menempel pada 3 buah datum permukaan. Dengan menambah satu lagi datum permukaan ketika, maka komponen dapat menahan satu buah derajat kebebasan lagi, yaitu dalam arah Y.
  6. (f) Dapat simpulkan bahwa pemberian datum pada gambar teknik memiliki pengaruh terhadap pembatasan jumlah derajat kebebasan komponen pada suatu konstruksi.

Aturan keberadaan datum, dapat diwakilkan dalam bentuk DoF. Datum primer dapat menahan/membatasai satu atau lebih DoF. Datum sekunder dapat menahan satu atau lebih tambahan DoF (bisa jadi tidak menahan atau memodifikasi beberapa DoF yang telah ditahan oleh datum primer). Suatu datum tertier dapat juga menahan beberapa DoF, dan perlu difikirkan agar datum-datum  tersebut tidak redundan dengan tugas datum primer dan sekunder. ASME Y14.5.1 memberikan standard yang berisi beberapa cara agar DRF dapat dikonstruksikan menggunakan entitas geometri berupa titik, garis, dan bidang. Termasuk kondisi diantara datum primer, sekunder, dan tertier untuk setiap kasus (Gambar-3).

 

Gambar-3  Pembatasan (constraint) derajat kebebasan bagi datum fitur primer [ASME Y14.5 2009]

III. DATUM

Datum adalah suatu yang nyata secara teoritis berkaitan dengan titik, sumbu, garis, bidang, atau kombinasi yang diturunkan secara teoritis dari datum feature simulator (datum yang merupakan awal dimana lokasi atau karakteristik geometrik feature atau karakteristik geometrik berada).

Datum feature adalah suatu feature yang diidentikasi sebagai simbol datum feature atau suatu simbol datum target (feature aktual suatu komponen yang digunakan untuk menghadirkan datum)

Datum feature simulator : Batas fisik yang digunakan  untuk menetapkan suatu simulasi datum dari suatu datum feature yang ditentukan.

Datum reference berupa huruf alphabet yang terlihat di dalam kotak feature control frame berikut toleransi geometrinya, yang akan menentukan letak suatu datum berdasarkan zona toleransi atau batas yang dapat diterima.

Suatu datum feature dipilih berdasarkan hubungan fungsional terhadap toleransi feature dan keperluan perancangan. Untuk menjamin perakitan yang sesuai, maka feature yang saling terkait diantara komponen berpasangan harus dipilih sebagai datum feature. Bagaimanapun, datum feature harus terdapat pada komponen dan dengan ukuran yang sesuai untuk penggunaan yang diijinkan. Datum feature harus terlihat pada komponen, sehingga dalam kasus komponen simetris atau komponen yang memiliki feature identik, maka identifikasi fisik dari datum feature pada komponen diperlukan (Gambar-4).

 Gambar-4 Penetapan datum permukaan [ASME Y14.5 2009]

Hanya datum feature yang harus dijadikan referensi di dalam FCF (feature control frame) pada saat menentukan toleransi geometrik. Pengontrolan geometrik ditentukan oleh toleransinya, sehingga diperlukan untuk menentukan efektivitas jumlah referensi datum feature agar sesuai dengan penggunaannya. Kebutuhan fungsional perancangan harus dijadikan dasar untuk pemilihan datum feature yang berhubungan di dalam FCF.

Datum feature yang baik merupakan suatu permukaan yang berpengaruh kuat terhadap orientasi dan/atau lokasi komponen dalam perakitan. Kita menyebutknya datum feature fungsional. Pada kasus lainnya, datum feature dapat menumpu berat komponen dan memberikan kestabilan, dan memungkinkan alat pencekam selama proses manufaktur, atau semua tahapan selama inspeksi dilakukan.

Datum merupakan entitas geometrik dengan bentuk sempurna yang diturunkan dari datum feature yang ditentukan di gambar teknik. Konfigurasi dari satu atau lebih datum ditentukan di dalam feature control frame pada datum reference frame.  Suatu datum reference frame secara mendasar merupakan sejumlah sistem kordinat yang ditempatkan dan diorientasikan pada datum feature komponen, dan melaluinya, lokasi dan orientasi komponen lainnya dikendalikan.

Datum feature menghasilkan sekumpulan kandidat datum. Selama setiap datum dalam suatu datum reference frame memiliki beberapa buah kandidat datum, maka kondisi tersebut berpotensi menjadi kandidat datum reference frame. Apa yang harus kita lakukan terhadap semua kandidat tersebut ? Untuk memutuskannya maka ditentukan yang memiliki satu derajat kebebasan harus dicari pada seluruh kandidat datum terference frame, sehingga dapat diterimanya evaluasi untuk semua toleransi yang ada.  Suatu hal yang dapat dicari juga bagi suatu datum reference frame bahwa secara kolektif awal/mulanya dari semua pengendalian feature berhubungan dengan datum reference frame. Jika suatu datum reference frame dapat dijumpai pada suatu komponen, maka keberterimaan komponen dipengaruhi oleh hasil evaluasi terhadap semua toleransi yang digunakan (Gambar-5).

 

Gambar-5 Contoh aplikasi dari feature control frame [2]

 

IV. MENENTUKAN BADAN (BODY) PADA SUATU KOMPONEN (CONTOH KASUS BLOK MESIN/ENGINE BLOCK)

Setiap komponen yang akan dibuat umumnya dibangun dari dua jenis raw material berbentuk silindrik ataupun kubistik. Sebagai salah satu contoh penjelasan, saya menggunakan komponen blok mesin. Perangkat yang saya gunakan adalah software Reverse Enggineering (Geomagic 2013)

Engine block dibangun oleh beberapa feature pada keenam permukan badannya. Suatu badan utama engine dibangun dan kemudian disatukan dengan feature-feature lainnya yang terdapat di setiap sisi permukaan menggunakan teknik operasi bolean. Secara umum pada komponen mesin memiliki badan utama komponen, yang akan berfungsi juga sebagai penempatan datum reference frame (menghadirkannya secara nyata ke dalam wujud fisik).

Seluruh fitur solid dibuat melalui pembuatan reference plane yang posisi dan orientasinya tertentu terhadap datum reference frame. Skets dibuat pada reference plane dengan mengekstrak feature yang berasal dari mesh (lihat pengukuran menggunakan alat pemindai) dan didekati dengan bentuk kurva ideal perangkat lunak. Kemudian dilakukan teknik operasi fitur solid (extrude, revolve) yang berorientasi pada sumbu koordinat dan datum reference frame, seperti ditunjukkan pada Gambar-7:

 

Gambar-7 Proses pembuatan feature solid

Badan Utama engine block dapat dilihat dari strukturnya secara keseluruhan, yang mana akan terdapat feature-feature yang simetris, bentuk-bentuk yang serupa hasil dari suatu operasi solid, dan sebagai inti dari struktur pembentuk utama.

 
Gambar-8 Badan Utama Blok Mesin

 

V. STRATEGI MENENTUKAN BIDANG SKETSA (KETCHING PLANE)

Untuk menggambar komponen sederhana (umumnya dibentuk dari fitur primitif) maka bidang sketsa yang dapat dipilih langsung berasal dari DRF (bidang X-Y, atau Y-Z, atau Z-X). Suatu hal yang baik jika sketsa komponen yang dibuat mempertimbangkan letak komponen yang akan dibuat pada suatu produk rakitan (ingat datum dan derajat kebebasan). Penentuan bidang sketsa ini akan mempengaruhi teknik operasi solid 3D yang akan dipilih. Selain itu bidang sketsa dapat membantu kita pada saat akan melakukan simulasi perakitan pada model 3D (sebagai acuan untuk memasang constraint menggunakan bidang sketsa). Dalam suatu penggambaran komponen, bisa jadi bidang sketsa yang dibuat banyak sekali dan tergantung kompleksitas komponen yang dibuat. Banyak cara membuat bidang sketsa baru diluar Datum Reference Frame, seperti teknik offset, teknik menyudut dan lain-lain. Untuk membuatnya tergantung fitur yang tersedia dan merupakan kombinasi diantara titik, garis, sumbu, ataupun permukaan.

Gambar-9 Strategi menentukan Bidang Sketsa (modifikasi dari DRF & Permukaan fitur solid)

Selain itu, bidang sketsa dapat dibuat dengan memanfaatkan modifikasi dari DRF ataupun permukaan yang ada pada suatu komponen hasil dari operasi solid.

 Gambar-10 Menentukan Bidang Sketsa (modifikasi dari permukaan komponen)

 

VI. STRATEGI MEMBUAT SKETSA

Sketsa yang dibuat akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembuatan komponen melalui teknik operasi solid yang akan dipilih. Sketsa yang dibuat dapat merupakan sketsa yang dibuat dalam koordinat 2D ataupun koordinat 3D. Prinsip dasar yang perlu dipahami adalah satu sketsa dibuat hanya untuk satu jenis teknik operasi solid yang seragam, namun dapat dipilih berdasarkan area yang akan dibuat. Selain itu, teknik operasi solid mempersyaratkan bahwa sketsa yang dibuat merupakan loop tertutup.

Membangun suatu sketsa untuk membuat model 3D mempertimbangkan bahwa :

  • Suatu titik akan memeiliki suatu koordinat posisi.
  •  Kumpulan dari titik-titik yang kontinyu akan membentuk suatu kurva, sesuai dengan koordinatnya.
  • Kumpulan dari kurva-kurva yang kontinyu akan membentuk suatu permukaan, sesuai arah komposisi dari kurva tersebut.
  •  Kumpulan dari permukaan akan membentuk suatu volume, sesuai arah komposisi dari permukaan tersebut.

Konsep pemodelan parametrik menyatakan bahwa anda membuat bentuk terlebih dahulu baru kemudian memberikan dimensi (shape before dimension). Sama halnya dalam membuat sketsa, anda bebas membuat sketsa sesuai dengan yang anda inginkan, kemudian penyesuaian akan secara otomatis dilakukan dengan memberikan ukuran dimensi (ditambah contrain seperti : kesejajaran, ketegaklurusan, kesebarisan, kesatusumbuan, vertikal, horisontal, menginggung, dan lain-lain).

Beberapa perangkat lunak mempermudah teknik operasi pembuatan sketsa seperti fasilitas : copy, mirror, move, fillet, chamfer, scale, strech, mirror, rectangular pattern, mirror patern, dan lain-lain.

Gambar-11 Strategi membuat sketsa pada beberapa bidang gambar

 

VII.MENGENAL JENIS-JENIS SKETSA

Secara umum sketsa dapat dikelompokkan menjadi :

Sketsa Sederhana 2D & 3D

Untuk membuat bentuk solid 3D yang merupakan kombinasi beberapa fitur melalui teknik operasi bolean dibentuk dari sketsa yang mudah. Umumnya merupakan sketsa yang dibentuk melalui sketsa lingkaran, segi empat, garis lurus, dan kombinasi diantaranya. Sketsa dapat dibuat melalui modifikasi bidang sketsa baru diluar datum referemnce frame, ataupun di permukaan komponen yang kita buat melalui teknik operasi solid.

Gambar-12 Jenis sketsa sederhana 2D & 3D

 

Sketsa untuk fitur kompleks-1 dari fungsi matematik biasa

Untuk membuat bentuk solid 3D di luar bentuk fitur-fitur primitif, dikenal dengan fitur kompleks. Umumnya dilakukan pada pada teknik pemodelan permukaan (surfacing method). Sketsa dibentuk melalui persamaan matematis. Beberapa perangkat lunak penggambaran dilengkapi dengan fasilitas membuat kurva melalui persamaan/fungsi, atau dengan cara lain, yaitu membuat tabel excel kemudian mengisi nilainya dengan menggunakan rumus tertentu. Tabel tersebut kemudian dipanggil pada perangkat lunak penggambaran, dan data-data pada tabel tersebut akan membentuk kumpulan titik ataupun kurva. Beberapa contoh persamaan matematika (persamaan: kuadrat, kubik, logaritmik, eksponensial, trigonometrik, yang umum digunakan untuk sistem koordinat 2 dimensi adalah :

Gambar-13 Jenis sketsa untuk fitur kompleks-1 (Fungsi Matematik sederhana)

 

Gambar-14 Jenis sketsa untuk fitur kompleks-1 (Fungsi Komposisi Matematik)

 

Sketsa untuk fitur kompleks-2 dari fungsi matematika parametrik

Beberapa kurva umumnya dapat dipetakan ke dalam koordinat x, y (x,y) melalui suatu fungsi y=f(x). Namun pada kondisi-kondisi tertentu, penerapak persamaan dengan teknik sistem koordinat tidak dapat dilakukan, sehingga kita harus melakukan konversi ke dalam bentuk persamaan parametrik. Yang awalnya koordinat dinyatakan dalam bentuk (x,y) akan diubah menjadi bentuk koordinat (f(t), g(t). Untuk membuat sketsa tipe ini, digunakan fasilitas membuat persamaan parametrik pada perangkat lunak penggambaran (CAD).

Gambar-15 Jenis sketsa untuk fitur kompleks-2 (Parametrik)

 

VIII. PENUTUP

Secara umum, seorang juru gambar atau perancang akan membuat gambar 2D ataupun 3D berdasarkan pemahaman, pengalaman, dan tingkat kemahirannya masing-masing dalam hal menggunakan perangkat lunak penggambaran (CAD). Terkadang beberapa manipulasi penggambaran dilakukan juga berdasarkan keterbatasan yang ada pada perangkat lunak penggambaran.

Namun sekali lagi ditegaskan bahwa gambar yang kita buat merupakan bahasa komunikasi, yang akan mengomunikasikan ide perancang sampai dengan penggunaan komponen. Dan akan melalui rangkaian manufaktur baik secara paralel ataupun seri seperti : proses simulasi dan analisis rancangan/komponen,perencanaan kebutuhan material dan pemrosesan, proses pembuatan komponen, pengukuran, perakitan, ujicoba, dan evaluasi. Sehingga dalam membuat sketsa pun, akan memerlukan strategi yang harus difikirkan sebelumnya, bukan hanya pada saat anda berhadapan secara langsung dengan komputer (perangkat lunak penggambaran /CAD).

Selain itu, kita perlu meyakini bahwa perangkat lunak penggambaran memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membantu proses pembuatan model 2D/3D ataupun anda merancang suatu mesin. Sehingga anda harus sering mengeksplorasi kemampuan perangkat lunak tersebut, melalui tutorial-tutorial yang bisa anda cari lewat buku, manual book, video, artikel, ataupun hasil penelitian orang lain.

Demikan, tulisan ini disajikan untuk meningkatkan kemampuan kita de dalam membuat model 2D ataupun 3D. Mengingat kemampuan penulis masih dalam taraf pembelajaran, maka penulisan mengharapkan kritikan ataupun saran untuk penulisan-penulisan berikutnya. Jangan sungkan untuk menuliskannya secara langsung pada kolom komentar.

Semoda disaat pandemi wabah Covid-19 sedang memuncak di segala penjuru dunia, tetap tidak menghambat kita untuk beraktivitas di rumah dalam pembelajaran jarak jauh. Kita doakan bersama semoga pandemi ini dapat cepat berakhir dan kita semua dapat beraktivitas secara normal kembali. Jangan lupa didoakan juga bagi segenap pejuan-pejuan medis, relawan, ilmuwan, peneliti agar diberi kekuatan dalam menjalankan tugasnya. Dan juga semoga juga dunia dapat segera menemukan antivurnya.

Soroako, 11-April-2019

Ir. Duddy Arisandi, S.T., M.T.

Akademi Teknik Soroako

Soroako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan

#StayAtHome

#DiRumahAjah

#CicingDiImahBae

#Against Covid19

 

AGAINST COVID-19 (GREETING FROM INDONESIAN MECHANICAL ENGINEER)





493 komentar:

  1. Trimakasih pak, atas ilmunya. Terus berkarya!

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat buat kami yang memanfaatkan pelajaran diluar kampus (daring)

    Terima kasih pak dan salam...

    BalasHapus
  3. Kami mendapat ilmu tambahan baru mengenai Gambar teknik. Terima kasih pak dan terus berkarya !

    BalasHapus
  4. Terimakasih pak ilmunya.... Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Semangat berkarya pak, kami tunggu karya-karya selanjutnya

    BalasHapus
  6. Mantap pak, kami tunggu karya-karya selanjutnya ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. terimakasih pak atas materinya... sukses selalu...

    BalasHapus
  8. Terima kasih ilmunya pak, ditunggu karya karya lainnya

    BalasHapus
  9. Terimakasih pak atas ilmunya
    Semoga bapak bisa terus berkarya

    BalasHapus
  10. ferlyfanny052@gmail.com18 September 2020 pukul 10.43

    Ditunggu pak karya selanjutnya
    Sangat bermanfaat sekali ilmunya bagi kami
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  11. Di tunggu pak Tulisan-tulisan berikutnya, karena itu sangat bermanfaat buat saya, untuk menambah wawasan pada pembuatan sketsa pada permodelan 3D

    BalasHapus
  12. Trimakasih atas ilmunya pak,sangat bermanfaat.di tunggu karya" Berikutnya pak

    BalasHapus
  13. Terimah ksih atas tulisan yg di berikan pak, semoga yg membaca mendapat ilmu yg bermanfaat,,

    BalasHapus
  14. Terimahkasih Pak Untuk Materi- Materi yg Bapak brikan di atas sngat bermanfaat Pak.

    BalasHapus
  15. Terimah kasih pak atas materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Terima kasih atas materinya pak
    Sangat membantu
    Kami mahasiswa mudah untuk memahaminya

    BalasHapus
  17. Gambar teknik merupakan ilmu yang rumit
    Namun dengan adanya tulisan ini yang mudah dipahami maka mahasiswa aka sangat terbantu

    BalasHapus
  18. Terimakasih pak atas meterinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. Dengan adanya tulisan ini, strategi pembuatan sketsa pada pemodelan 3D dapat mudah dipahami. Terima kasih :)

    BalasHapus
  20. Materi sangat bermanfaat pak terimakasih 🙏

    BalasHapus
  21. Mantap pak
    Semoga bisa berkarya terus pak

    BalasHapus
  22. Terima kasih atas ilmunya pak dan sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang melakukan belajar daring
    Terus berkarya pak 🙏

    BalasHapus
  23. Terimakasih atas ilmunya, sangat bermanfaat pak

    BalasHapus
  24. Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  25. Sangat bermanfaat pagi pembacanya..

    BalasHapus
  26. Sangat bermanfaat pak terima kasih..

    BalasHapus
  27. Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan yg sangat bermanfaat dan mudah di pahami

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas ilmu yang bapak berikan yg sangat bermanfaat dan mudah di pahami

    BalasHapus
  29. Terima kasih atas ilmunya pak.. sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi yg membaca nya..

    BalasHapus
  30. Pembaca mendapat ilmu tambahan baru mengenai Gambar teknik,terima kasih pak dan terus berkarya pak

    BalasHapus
  31. Terima kasih pak atas materi STRATEGI PEMBUATAN SKETSAnya pak sangat bermanfaat bagi sya dan semua orang terima kasih pak🙏🙏🙏

    BalasHapus
  32. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat pak
    Di tunggu karya berikutnya yang mampu menginspirasi

    BalasHapus
  33. Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat pak
    Di tunggu karya berikutnya yang mampu menginspirasi

    BalasHapus
  34. Terimah kasih pak untuk materi yg sdh bapak jelaskn tntang gambar teknik,sangat membantu untuk org lain dan sya sndiri yg mau bljar tntang gambar🙏

    BalasHapus
  35. Terima kasih atas ilmunya pak.. Sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
  36. Terimakasih atas ilmunya pak. Materinya sangat bermanfaat. Sukses selalu ya pak.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Terima kasih pak ilmu dari blog bapa sangat bermanfaat dan berguna

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Terima kasih pak ilmu dari blog bapa sangat bermanfaat sehat terus pak

    BalasHapus
  41. Terima kasih banyak pak atas ilmunya, semoga bermanfaat bagi banyak orang.
    Terus berkarya pak .....

    BalasHapus
  42. terimakasih atas materinya pak sangat bermanfaat tetap berkarya pak

    BalasHapus
  43. Ilmu tidak akan berkurang jika di bagikan dan bapak telah membagikan nya kepada kami semua semoga bapak sehat selalu dan tetap semangat untuk berkarya.

    BalasHapus
  44. Mantap pak. Terimakasih atas tulisan yang penuh manfaatnya

    BalasHapus
  45. Terimakasih ilmunya pak sukses selalu

    BalasHapus
  46. Sukses selalu pak,, ilmunya sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  47. Apaa yang di paparkan sangat bagus, sukses selalu pak

    BalasHapus
  48. Sngt brmanfaat untuk kami yg sedng kuliah daring, trima ksih pak

    BalasHapus
  49. Sangat bermanfaat dan sukses selalu pak:)

    BalasHapus
  50. Materi ny sangat bermnfaat, teeus berkaya dan berinovasi

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah...terimakasih pak atas ilmunya, sangat bermanfaat sekali👍🙂

    BalasHapus
  52. Sangat bermanfaat pak dan sukses selalu

    BalasHapus
  53. Sangat bermanfaat ilmunya pak dan terus berkarya

    BalasHapus
  54. Terimakasih ilmunya pak, di tunggu karya berikut nya

    BalasHapus
  55. semangat terus pak, sukses selalu.

    BalasHapus
  56. ilmu yg bapak berikan melalui file ini sangat membantu kami mahasiswa terutama yg mengambil jurisan gambar

    BalasHapus
  57. Ilmunya sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa 🙏

    BalasHapus
  58. Mantap pak,sehat selalu��

    BalasHapus
  59. semangat terus pak memberikan ilmu kepada kami

    BalasHapus
  60. Mantap pak, sehat selalu

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Terimakasih atas ilmunya, khususnya pada materi "Strategi pembuatan sketsa", jangan pernh bosan untuk berkarya sukses Pak

    BalasHapus
  63. Terimakasih ilmunya pak, di tunggu karya berikut nya

    BalasHapus
  64. Terima kasih pak,ini sangat bermanfaat dan mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  65. Terimakasih Pak atas Ilmu nya semoga bermanfaat bagi kami Mahasiswa

    BalasHapus
  66. Mantap pak,sukses selalu

    BalasHapus
  67. Kami mendapat ilmu tambahan baru mengenai Gambar teknik. Terima kasih pak dan terus berkarya

    BalasHapus
  68. Terimakasih atas ilmunya pak. Materinya sangat bermanfaat. Sukses selalu ya pak

    BalasHapus
  69. Terimakasih pak atas ilmunya, sangat bermanfaat sekali👍

    BalasHapus
  70. Terima kasih atas ilmunya pak sangat bermanfaat sekali , tetap semangat dan terus berkarya pak

    BalasHapus
  71. Terima kasih atas ilmunya, sehat selalu pak

    BalasHapus
  72. terimakasih atas materinya pak sangat bermanfaat tetap berkarya pak

    BalasHapus
  73. Artikelnya sangat bermanaaf dan menarik, semoga sehat selalu pak

    BalasHapus
  74. Terimaksih atas materi yang snagat bermanfaat smnga jadi amal jariyah buat bapak

    BalasHapus
  75. begitu banyak ilmu yang didapatkan dari file yang bapak bagikan dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa .....terutama yang mengambil jurusan gambar

    BalasHapus
  76. Terimaksih atas materi yang bapak berikan, sangat ber wawasan untuk kami semua

    BalasHapus
  77. Terima kasih atas ilmunya, sehat selalu pak

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Terimakasih untuk materinya pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  80. terimakasih atas materinya pak sangat bermanfaat tetap berkarya pak

    BalasHapus
  81. artikel yang sangat bermanfaat pak

    BalasHapus
  82. materi sangat bermanfaat bagi semua orang pak

    BalasHapus
  83. Terimakasih pak, mudah2an ilmunya dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sukses selalu pak🙏

    BalasHapus
  84. Ilmunya sangat bermanfaat pak trimksih

    BalasHapus
  85. Trimakasih pak...ilmunya sngat brmanfaat pak trus berkarya pak

    BalasHapus
  86. Terimakasi pak,ilmunya sangat bermanfaat.terus berkarya pak🙏

    BalasHapus
  87. ilmu yg bpak bagikan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  88. Kami mendapatkan ilmu tambahan mengenai gambar teknik. Trimah kasih pak

    BalasHapus
  89. Mantap pak blog nya sehat selalu

    BalasHapus
  90. Lanjutkan pak materinya cukup asyik untuk dikunjungi

    BalasHapus
  91. Mantap pak materinya membanyu sekali

    BalasHapus
  92. Terimakasih materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  93. Ilmunya sangat bermanfaat pak trimksih

    BalasHapus
  94. Terima kasih pak, sangat membantu untuk para mahasiswa pak 👍

    BalasHapus
  95. Blognya sangat bagus. Terima kasih pak

    BalasHapus
  96. Terimakasih kasih ilmu yang bapak berikan 🙏👍

    BalasHapus
  97. Blognya sangat bermanfaat pak 🙏👍

    BalasHapus
  98. Sukses selalu pak, dari berbagai macam materi yg bapak berikan sangat bermanfaat semoga jadi berkat..

    BalasHapus
  99. materinya sangat bermanfaat pak.

    BalasHapus
  100. Makasih banyak atasan ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  101. Terima kasih pak atas materinya.sukses selalu.

    BalasHapus

  102. Trima ksi pak atas metri.y sukses slalu

    BalasHapus
  103. Terimah kasih pak untuk materinya

    BalasHapus
  104. Trima ksi atas mteri.y pak ����

    BalasHapus
  105. Smoga kedepannya semakin lebih baik lagi

    BalasHapus
  106. Semoga kedepannya semakin lebih baik lagi

    BalasHapus
  107. Semoga bermanfaat ilmunya pak semoga sukses selalu

    BalasHapus
  108. Sngat bermanfaat ilmunya. Smoga sukses dan sehat slalu pak

    BalasHapus
  109. Sangat bermanfaat ilmunya pak, sehat selalu pak

    BalasHapus
  110. terima kasih pak, semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  111. Terima kasih ilmunya pak dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  112. Terima kasih atas ilmunya pak, sangat bermanfaat ,di tunggu materi-materi selanjutnya

    BalasHapus
  113. Terimakasih atas ilmunya pak

    BalasHapus
  114. Terimakasih atas ilmunya pak, sangat bermanfaat buat kami

    BalasHapus
  115. Terima kasih pak ilmunya,sangat bermanfaat🙏

    BalasHapus
  116. Terimakasih pak, ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  117. Terima kasih pak atas ilmu nya mengenai STRATEGI PEMBUATAN SKETSA PADA PEMODELAN 3D BERBASIS FITUR [SKETCH MAKING STRATEGY IN 3D MODELING BASED ON FEATURE], ilmu nya sangat bermanfaat pak..

    BalasHapus
  118. Terimakasih ilmunya sngat bermanfaat

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat,sukses selalu pak

    BalasHapus
  121. Terima kasih Pak, ilmunya sangat membantu sukses terus Pak

    BalasHapus
  122. terimakasih pak, semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  123. Terimakasih atas ilmunya pak, ini sangat bermanfaat sebagai referensi pembelajaran kami kedepannya.

    BalasHapus
  124. Terimakasih pak atas ilmunya dan terus berkarya👍

    BalasHapus
  125. Sanagt bermanfaat dong pak pastinya 🙏

    BalasHapus
  126. Terimakasih atas ilmu nya pak,materi yang ada sangat bermanfaat sebagai refernsi untuk mengerjakan berbagai tugas gambar

    BalasHapus
  127. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  128. Terimakasih atas ilmunya,sukses selalu 🙏

    BalasHapus
  129. Terimakasih pak, semoga ilmunya bermanfaat.

    BalasHapus
  130. Terimakasih atas ilmunya,sukses selalu ��

    BalasHapus
  131. Barakallah, Terimakasih ilmunya pak
    Sehat selalu

    BalasHapus
  132. Terima kasih pak atas materi nya, sangat membantu dalam pengerjaan tugas sebagai referensi

    BalasHapus
  133. Sangat bermanfaat pak, terimakasih banyak untuk ilmunya

    BalasHapus
  134. Terima kasih pak atas materi nya, sangat membantu dalam pengerjaan tugas sebagai referensi

    BalasHapus
  135. Terima kasih pak untuk ilmunya semoga bermanfaat bagi semua mahasiswa😇👍🏻

    BalasHapus
  136. Alhamdulillah jadi tambah banyak ilmu, terimakasih pak.

    BalasHapus
  137. very glad to be your student, sir. thank you for the all information and the knowledge. Barakallah

    BalasHapus
  138. terimah kasih atas ilmunya pak..

    BalasHapus
  139. Terima kasih pak, semoga yang bapak bagikan dapat bermanfaat dengan baik

    BalasHapus
  140. Terima kasih pak,ilmunya sangat bermanfaat bagi kami sukses selalu pak

    BalasHapus
  141. Sangat bermanfaat pak, terimakasih banyak untuk ilmunya,sukses selalu

    BalasHapus
  142. Sangat bermanfaat ilmu nya pak..keren pak

    BalasHapus
  143. Terima kasih ilmunya pak, ditunggu karya karya lainnya

    BalasHapus
  144. Terima kasih ilmunya pak, ditunggu karya karya lainnya

    BalasHapus
  145. Terima kasih pak ilmunya sangat bermanfaat🙏🏻

    BalasHapus
  146. Trimakasih atas ilmunya pak,sangat bermanfaat.di tunggu karya" Berikutnya pak🙏

    BalasHapus
  147. Nofianti muhrintan6 April 2021 pukul 13.14

    Trimakasih atas ilmunya pak,sangat bermanfaat.di tunggu karya" Berikutnya pak

    BalasHapus
  148. Terimakasih pak, semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  149. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  150. Artikelnya sangat bagus pak, bermanfaat, dapat menambah ilmu dan juga tulisan nya sangat menarik karena dilengkapi ilustrasi/gambar yang memudahkan dalam memahami. Teruskan berbagi ilmu dan pengalaman nya pak🙏🙏. Semoga tetap bersemangat

    BalasHapus
  151. terima kasih telah berbagi ilmu pak. materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  152. terima kasih pak atas ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  153. SEMOGA BERMANFAAT ATAS ILMUNYA PAK BAGI MAHASISWA

    BalasHapus
  154. TERIMA KASIH PAK ATAS ILMU NYA, TERUS BERKARYA PAK

    BalasHapus
  155. terima kasih atas ilmunya pak , terus berkarya pak

    BalasHapus
  156. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  157. Terima Kasih atas ilmunya pak, tetap semangat dalam berkarya.

    BalasHapus
  158. Ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih pak

    BalasHapus
  159. Terima kasih ilmunya pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  160. Materinya sangat menarik
    Terus berkarya pak

    BalasHapus
  161. Materinya sangat membantu proses belajar saya pak sangat bermanfaat bagi mahasiswa

    BalasHapus
  162. Terima kasih atas marmterinya pak

    BalasHapus
  163. Gambar teknik mesin bagi sebagian mahasiswa teknik mesin merupakan hal yang sulit dikarenakan dibutuhkan keterampilan dalam menggambar sedangkan banyak mahasiswa yang tidak terlalu terampil dalam menggambar

    Dengan adanya blog seperti ini bisa sangat membantu mahasiswa untuk menambah pengetahuannya dalam hal gambar menggambar

    BalasHapus
  164. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  165. Terimakasih atas materinya pak yang sangat bermanfaat,terus berkarya pak dan semoga sehat selalu:)

    BalasHapus
  166. terimakasih atas materinya pak sangat bermanfaat tetap berkarya pak

    BalasHapus
  167. Ilmu yang bapak berikan melalui file ini sangat membantu kami mahasiswa terutama yang mengambil spesialisasi gambar.

    BalasHapus
  168. Saya sangat berterima kasih pak untuk ilmu yg diberikan......melalui pembelajaran ini saya banyak paham kembali untuk materi2 yg sudah saya lupakan untuk kedepannya.....
    Semangat truss pak dalam berkarya dan memberikan ilmunya

    BalasHapus